Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Populer

Resep Ayam Bakar Taliwang Pedas Khas Lombok

Bahan bahan Resep Ayam Bakar Taliwang Pedas Khas Lombok
Bahan bahan Resep Ayam Bakar Taliwang Pedas Khas Lombok

1.Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahan utama yang dibutuhkan adalah ayam kampung ukuran sedang (kurang lebih dengan berat 500 gram – 800 gram.

2.Garam dapur secukupnya untuk melumuri ayamnya atau kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil saja.

3.Perasan air jeruk limau untuk menghilangkan bau amis ayam secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil saja.

4.Santan asli kurang lebih sebanyak 300 ml saja. (kurang lebih sebanyak 1/2 buah saja).

5.Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil. Bisa ditambahkan kalau memang suka manis.

6.Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera untuk bumbu ayam bakarnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.

7.Minyak sayur secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan untuk menumis bumbunya.

Bahan bahan Bumbu Ayam Taliwang Bakar

Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 2-4 pcs. Bisa ditambahkan kalau memang suka pedas. Cuci bersih lalu potong potong supaya mudah saat akan dihaluskan.Buah cabai merah keriting secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 6-9 pcs. Cuci bersih lalu potong potong supaya mudah saat akan dihaluskan.Terasi kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil saja.Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 7 pcs. Kupas kulit bawangnya lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg.Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 10 pcs. Kupas kulit luarnya lalu potong potong juga supaya mudah dihaluskan.Kemiri yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 5 pcs saja.

Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang Yang Mudah dan Praktis

Langkah pertama belah ayam menjadi 2 bagian tanpa putus di bagian dada. Kalau suka, bisa juga dipotong potoong kecil menjadi 4-8 potong tergantung selera.Untuk menghilangkan bau amis, lumuri daging ayamnya dengan  air perasan jeruk limau dan garam dapur beryodium secukupnya sampai rata dan semua bagian terkena. Biarkan sebentar atau kurang lebih selama 15 menit – 20 menit.Haluskan dengan cara manual atau diuleg bumbu bumbu taliwang diatas, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai dan terasinya sampai benar benar halus.Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri 2 sendok makan minyak goreng.Masukkan bumbu bumbu yang sudah dihaluskan diatas ke dalam penggorengan dan aduk aduk sampai tercium bau harum tumisannya.Tuang santan, gula merah yang sudah disisir dan garam dapurnya ke dalam penggorengan lalu aduk aduk sampai semua bagian tercampur rata dan mendidih. Cicipi dahulu dan tambahkan garam atau gula kalau diperlukan. Ingat, diaduk aduk terus jangan sampai santannya pecah.Masukkan daging ayam kampungnya ke dalam penggorengan diatas lalu aduk aduk kembali supaya semua bagan tercampur rata dan terendam. Kecilkan api dan masak sampai matang dan bumbu meresap ke dalam daging ayamnya lalu angkat.Kemudian bakar daging ayam tadi di atas bara arang atau alat lain sampai matang.Jangan lupa dibolak balik supaya tidak gosong dan diolesi sisa bumbunya supaya benar benar meresap ke dalam daging ayam. Angkat dan sajikan.

Selesai sudah cara membuat resep ayam taliwangnya. Ternyata tidak begitu sulit bukan dan mirip sekali dengan proses pembuatan resep ayam bakar dari daerah lain. Tetapi dengan bumbu bakar istimewa ternyata bisa menjadi satu menu yang unik dan sangat lezat. Dibandingkan kalau kita beli di luar yang harganya cukup mahal, tentu saja resep ayam bakar taliwang yang sudah kita buat tadi lebih hemat dan ekonomis bukan.
Bagikan :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk " Resep Ayam Bakar Taliwang Pedas Khas Lombok"

 
Copyright © 2015 simplimami - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top